Pilkada Tasikmalaya 2024: WOW! PPP Tetap Miliki Daya Magnetik, Gerindra Masih Terus Membaca Peta

- 12 Juni 2024, 09:30 WIB
Pilkada Serentak 2024
Pilkada Serentak 2024 /Foto : - /

IDEJABAR – Kesuksesan Partai Gerindra sebagai peraih kursi terbanyak di DPRD Kota dan Kab Tasik pada Pemilu Legeslatif lalu, ternyata tidak berbanding lurus dengan tumbuhnya konfidensi saat hadapi Pilkada Kota dan Kab Tasik November nanti. Tapi, bisa juga kekurang-percayaan diri Gerindra itu muncul sebagai refleksi dari dua kekalahan beruntun pada Pilkada Kota dan Kab Tasik limat tahun lalu.  

Sebagai bukti di Kota Tasik misalnya, Gerindra masih belum menegaskan siapa yang akan mendampingi jagonya yakni Viman Alfaridzi. Padahal, Gerindra telah berhasil membangun “Koalisi Gemuk” yang dihuni Gerindra, PBB, PDIP, Nasdem, ditambah partai non parlemen Partai Gelora dan Partai Ummat.  

Baca Juga: Pilkada Kab. Tasik 2024: MANTAP EUY, Ade Sugianto Sudah Kantongi SK Cabup Dari DPP PDIP

Begitupun di Kab Tasik hingga kini masih ngambang, siapa yang akan ditunjuk Gerindra sebagai pendamping Cecep Nurul Yakin (CNY). Pasalnya, hingga saat ini, Gerindra belum secara tegas menetapkan siapa yang akan berduet dengan CNY.  Padahal, gabungnya Gerindra dan PKS ke Koalisi Tasik Maju (KTM) telah menjadikan “Koalisi Besar” itu kuasai 50 persen kursi Dewan hasil Pileg 2024 lalu.  

Di Kota dan Kab Tasik PPP Tetap Miliki Daya Magnetik  

Harus diakui, posisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meski waktu Pileg 2024 lalu raihan kursinya turun baik di Kota maupun di Kab Tasik. Namun dalam konteks Pilkada Kota dan Kab, posisi PPP tetap memiliki daya magnetik yang kuat.  

Penandatanganan kerja sama koalisi antara PPP, PAN, Demorat, Gerindra dan PKS dalam koalisi Tasik Maju (KTM) di Sekretariat Partai Gerindra Kabupaten Tasikmalaya, Rabu 5 Juni 2024.
Penandatanganan kerja sama koalisi antara PPP, PAN, Demorat, Gerindra dan PKS dalam koalisi Tasik Maju (KTM) di Sekretariat Partai Gerindra Kabupaten Tasikmalaya, Rabu 5 Juni 2024.

Buktinya, di Kab Tasik sejak belum riuhnya pilkada, Gerindra sebagai peraih kursi terbanyak telah menetapkan dua orang yang akan diusungnya dalam Pilkada Kab Tasik mendatang. KH. Atam Rustam, Ketua PC. NU Kab Tasik akan diposisikan sebagi calon Bupati dan Asep Sopari Al Ayubi, Ketua DPRD dan Sekjen DPC Gerindra Kab. Tasik diposisikan sebagai calon Wakil Bupati.  

Namun dalam perjalannya, Gerindra kalah cepat dengan PPP yang lebih dulu berhasil membangun Koalisi Tasik Maju (KTM) bersama PAN dan Demokrat. KTM bersepakat untuk mengusung Cecep Nurul Yakin (CNY) Ketua DPC PPP Kab. Tasik yang juga sebagai Wakil Bupati Tasik saat ini, menjadi Calon Bupati yang akan diusung pada Pilkada November mendatang.  

Munculnya KTM yang mengusung CNY sebagai Calon Bupati ternyata menggoda Gerindra untuk bergabung dengan KTM. Akhirnya Gerindra pun bergabung dengan KTM yang kemudian diikuti oleh PKS.  

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini