Wow, 46 Ribu Ton Sampah Bandung Raya Pascalebaran Masuk TPA Sarimukti.

- 17 April 2024, 11:30 WIB
Potret TPA Sarimukti
Potret TPA Sarimukti /Pikiran Rakyat/St. Aisah Nurhalida M/

IDEJABAR - Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar),  Herman Suryatman melakukan peninjauan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Peninjauan dilakukan untuk mengecek pengelolaan sampah Bandung Raya pascalebaran.

Hasilnya, pengelolaan sampah di TPA Sarimukti selama lebaran berjalan normal. Pihaknya tidak menerima  laporan adanya penumpukan sampah di tempat pembuangan sementara Bandung Raya.

Sampah Pascalebaran Sebanyak 46 Ribu Ton

Menurut Herman, memasuki hari kedua lebaran petugas sampah sudah mulai efektif kembali. Hingga hari ini, pihaknya tidak menerima laporan adanya penumpukan sampah di tempat-tempat tertentu. Itu artinya, pengelolaan sampah di Bandung Raya relatif aman.

“Dari empat zona pengelolaan sampah di TPA Sarimukti, hanya zona 2 dan 3 saja yang saat ini beroperasi,”  ungkap Herman kepada wartawan di Bandung.

Baca Juga: Di Leuwipanjang, Cicaheum dan Stasiun Kiaracondong Pemkot Bandung Data Penduduk Non Permanen

Dijelaskan Herman, Zona 1 dan zona 4 saat ini sedang diperbaiki akibat kebakaran beberapa waktu lalu. Namun demikian, harap Herman, masyarakat tidak perlu khawatir sebab Pemprov Jabar saat ini sedang menyiapkan zona 5 untuk antisipasi penumpukan.

"Jadi ada empat zona, zona 1 dan 4 sedang kita recovery karena ada musibah kebakaran, yang beroperasi sekarang hanya zona 2 dan 3. Untuk antisipasi, sekarang sedang menyiapkan zona 5 atau zona perluasan,” terang Herman.

Diingatkan Herman, daya  tampung TPA Sarimukti per hari yaitu 2.000 ton. Jumlah tersebut turun menjadi 1.000 ton per hari pasca-kebakaran. Kata Herman, saat lebaran pihaknya memberikan toleransi sampai 1.600 ton per hari.

Kondisi pengelolaan sampah di TPA Sarimukti
Kondisi pengelolaan sampah di TPA Sarimukti Humas Jabar

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Humas Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah