Hati-hati ! BMKG Perkirakan Hujan Lebat Guyur Sebagian Besar Daerah di Indonesia

- 25 April 2024, 08:50 WIB
Ilustrasi BMKG
Ilustrasi BMKG /

IDEJABAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI memperkirakan hujan lebat berpotensi mengguyur sebagian daerah di Indonesia. Berdasarkan peringatan dini cuaca yang dimuat dalam situs BMKG, sebagaimana dipantau di Jakarta, hujan lebat itu diperkirakan terjadi di 29 provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Banten.

Sebagaian Besar Wilayah Indonesia Di Guiyur Hujan

Berikutnya adalah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. 

Selain itu, ada pula Provinsi Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Berikutnya, BMKG juga memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi angin kencang yang dapat terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, dan Maluku.

perkembangan BMKG sebut pola tekanan rendah di sekitar Laut Arafuru selatan Merauke.
perkembangan BMKG sebut pola tekanan rendah di sekitar Laut Arafuru selatan Merauke.

BMKG pun memasukkan sejumlah wilayah dalam kategori waspada dampak hujan lebat, seperti banjir.

Wilayah itu meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Juga Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga: Kota Bandung Dilanda Kemacetan, Jalan Cibaduyut Macet Total Pagi Ini, Kemanakah Pa Polisi

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: BMKG Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah