Seragam Sekolah Diganti Setelah Lebaran: HOAX

- 15 April 2024, 17:30 WIB
Pengumuman resmi Kemdikbud bahwa seragam sekolah tidak diganti setelah Lebaran.
Pengumuman resmi Kemdikbud bahwa seragam sekolah tidak diganti setelah Lebaran. /@kemdikbud.ri/

IDEJABAR - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) membantah pemberitaan yang ramai dalam dua hari terakhir bahwa seragam sekolah diganti setelah Lebaran, 10 April 2024.

Instagram resmi @kemdikbud.ri, yang dapat Anda klik langsung pada https://www.instagram.com/p/C5vA5AxSV9T/?img_index=1 menyatakan:

#SahabatDikbud, menanggapi pemberitaan yang beredar mengenai perubahan seragam sekolah yang berlaku setelah Lebaran, kami sampaikan jika hal tersebut TIDAK BENAR.

Tidak ada perubahan aturan mengenai seragam sekolah. Semua masih merujuk pada Permendikbudristek No. 50 Tahun 2022, sehingga tidak ada aturan yang mengharuskan siswa membeli seragam baru pada 2024.

Nah, tetap bijak dalam mencerna informasi, ya, #SahabatDikbud. Salam literasi! ????

Literasi Rendah

Tangkapan layar di Google mengenai berita penggantian seragam sekolah.
Tangkapan layar di Google mengenai berita penggantian seragam sekolah.

Dalam dua hari terakhir, berita penggantian seragam itu beredar luas di media daring, hingga sempat menempati poisisi keenam sebagai informasi yang paling dicari. Demikian dilaporkan Google Trends Indonesia pada Jumat (12/4/2024).

Beragam komentar dari masyarakat dan tokoh politik tercurah di media daring dan media sosial (medsos); umumnya bernada negatif. Ternyata, Kemdikbud sama sekali tidak pernah mengutarakan akan dilakukan penggantian seragam. Entah dari mana kabar itu beredar dan merajalela.

Peristiwa ini kembali menunjukkan tingkat literasi kita rendah. Kita mudah percaya dan menyebarluaskan berita tidak benar. Masalah ini memang menjadi pekerjaan rumah seluruh pemangku kepentingan di neger ini.

Halaman:

Editor: Edi ES

Sumber: Kemdikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah