PERHATIKAN!, Tips Cara Memilih Hewan Kurban untuk Idul Adha 1445 Hijriyyah, yang Sesuai dengan Syariat

- 5 Juni 2024, 04:30 WIB
Penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1444 Hijriyyah
Penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1444 Hijriyyah /idejabar/asep budi karyana

Author : Asep Budi Karyana

Foto : Idejabar/Asep Budi Karyana

IDEJABAR – Idul Adha 1445 Hijriyyah, atau Hari Raya Kurban tidak lama lagi akan tiba. Umat muslim di seluruh dunia akan menyambutnya dengan suka cita. Disamping itu Idul Adha menjadi momentum untuk bersedekah dengan berkurban.

Berkurban merupakan ibadah sunnah muakkad, anjuran berkurban sebagaimana diterangkan dalam Al-Quran surat Al-Kautsar ayat 2. Artinya: “Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu dan berkurbanlah.” (QS. Al-Kautsar: 2).

Meskipun hukumnya sunnah, kurban merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan umat Islam. Terutama bagi yang mampu. Karena berkurban merupakan wujud syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT, juga untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

Baca Juga: CARI TAHU SEGERA, Kapan Lebaran Idul Adha 2024, Cuti Bersama, Hitung Mundur Idul Qurban dan Tata Cara Sholat

Hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan kurban yaitu menyembelih hewan kurban yang terbaik dan sesuai dengan syariat. Berikut 5 tips cara memilih hewan kurban yang baik:

1. Berkurban dengan Hewan Ternak

Umat Islam diperintahkan untuk berkurban dengan menyembelih hewan ternak. Beberpa hewan yang biasa dijadikan kurban seperti sapi, unta, kambing, kerbau atau domba.

Hewan ternak yang diperbolehkan adalah unta, kambing, domba, sapi, kerbau. Tentunya semua hewan ini sudah memenuhi ketentuan sebagai hewan ternak yang sehat dan layak untuk dikurbankan.

Halaman:

Editor: Adin Supriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah