Berbagai Kampus Top Amerika Demo Israel dan Pemerintahnya Soal Palestina

- 25 April 2024, 17:30 WIB
(Kiri) Demo mahasiswa, dosen, dan sivitas akademika di Columbia Universiti; (Kanan) Najla Said, anak almarhum ilmuwan ternama Edward Said, bergabung dalam aksi di  Columbia University
(Kiri) Demo mahasiswa, dosen, dan sivitas akademika di Columbia Universiti; (Kanan) Najla Said, anak almarhum ilmuwan ternama Edward Said, bergabung dalam aksi di Columbia University /@BorhanMahin; @azaizamotaz9 /

IDEJABAR- Sivitas akademika di sejumlah kampus top AS berunjuk rasa menentang serangan Israel ke Gaza dan dukungan AS terhadap Israel.

Seminggu terakhir ini, unjuk rasa mendukung Palestina berlangsung di kampus-kampus top seperti Columbia University, New York University, University of California, Harvard University, Yale University, hingga Massachussetts Institute of Technology (MIT).

Sivitas akademika di kampus tersebut menuntut beberapa hal, yakni: pertama, menuntut Israel menghentikan seragan ke Gaza.

Kedua, menuntut para pengelola universitas menghentikan hubungan dengan perusahaan-perusahaan pemasok senjata ke Israel.

Ketiga, menuntut menghentikan penerimaan dana dari Israel untuk mengerjakan proyek-proyek riset yang menopang militer Israel

Keempat, menuntut universitas lebih transparan mengenai penerimaan dana-dana dari Israel.

Penangkapan Demo: Tabu di AS 

Bukan hanya menggelar demonstrasi dan menggunakan berbagai atribut Palestina, sivitas akademika itu juga berkemah di kampus.

Pihak kampus dan pemerintah setempat yang kerepotan, sempat memanggil pihak kepolisian untuk membubarkan pendemo, hingga terjadi bentrokan dan penangkapan. Inilah yang berlangsung di Columbia University.

Peristiwa ini merupakan tabu di negara yang menjunjung tinggi kebebasan berbicara, sehingga melahirkan kecaman dari berbagai pihak di AS dan dunia internasional.

Halaman:

Editor: Edi ES

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah