BI Tasik Dapat Jatah 1,9 Triliun : Kebutuhan Uang Tunai Wilayah Priangan Timur 15 Persen Dari Kebutuhan Jabar

- 25 Maret 2024, 07:30 WIB
Ilustrasi uang. Lokasi, jadwal, syarat dan cara daftar penukaran uang baru untuk lebaran 2024 di wilayah Garut
Ilustrasi uang. Lokasi, jadwal, syarat dan cara daftar penukaran uang baru untuk lebaran 2024 di wilayah Garut /Instagram @linda_howanusa//

IDEJABAR – Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat bersama perbankan lainnya telah menyiapkan uang tunai senilai Rp13,2 triliun untuk kebutuhan penukaran uang periode Lebaran 2024.

Uang itu dikemas dalam program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (Serambi). Khusus untuk Jabar, Bank Indonesia menyiapkan Rp13,2 triliun yang akan disalurkan ke tiap cabang di wilayah Jabar.

BI Jabar Gelar Program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri di Tiga Kantor Perwakilan BI

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Jawa Barat, Muhamad Nur kepada wartawan di Bandung, menyebutkan angka sebesar Rp13,2 triliun itu akan didistribusikan ke tiga kantor perwakilan BI di Jawa Barat. Ke tiga perwakilan itu yakni Perwakilan BI Jabar di Bandung sekitar Rp9 triliun, kantor Bank Indonesia di wilayah Cirebon sekitar Rp3,2 triliun, dan Kantor Bank Indonesia di wilayah Tasikmalaya (Priangan Timur) sekitar Rp1,9 triliun.

ILUSTRASI Kantor Bank Indonesia di Jakarta.
ILUSTRASI Kantor Bank Indonesia di Jakarta. /Kemenkeu

"Dana itu disalurkan lewat program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (Serambi) dan telah disiapkan dana sebesar Rp13,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan di Jabar yang kita salurkan ke tiap cabang,” kata Muhamad Nur kepada wartawan di Bandung.

Pembagian ini, mempertimbangkan kebutuhan uang tunai di Jawa Barat yang paling tinggi 61,3 persen dari wilayah Priangan (di luar Bodebek), diikuti wilayah Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan (Ciayumajakuning) sebesar 23,7 persen, dan wilayah Priangan Timur sebesar 15 persen.

Baca Juga: Hadapi Lebaran : Sekitar 1,8 Juta Kendaraan Akan Tinggalkan Jabodetabek di H-7 Lebaran 2024

"Uang tunai sebesar Rp13,2 triliun ini, juga lebih tinggi dari proyeksi kebutuhan uang masyarakat sebesar Rp13,1 triliun yang mengacu pada 2023 lalu," ucapnya.

Layanan penukaran uang ini dilaksanakan di 306 titik yang tersebar di seluruh wilayah Jabar. Layanan itu mencakup layanan penukaran di kantor perbankan di Jabar, layanan kas keliling Bank Indonesia, penukaran di pusat keramaian seperti bandara, stasiun, terminal, dan rest area di beberapa ruas jalan tol.

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Antara Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah