Kreativitas Warga Bandung : Mengolah Sampah Plastik, Jadi Wayang Palstik !

- 2 Juli 2024, 07:00 WIB
Salah satu kerajinan yang dibuat berbahan baku sampah plastik menarik dan kreatif
Salah satu kerajinan yang dibuat berbahan baku sampah plastik menarik dan kreatif /Foto : Humas Kota bandung/

IDEJABAR - Sampah plastik masih tetap jadi isu yang hangat dan selalu dicari proses dan inovasi pengolahannya. Karena kekuatannya bertahan hingga puluhan hingga ratusan tahun. Tak ayal berbagai pihak memeras otak, selain untuk mengurangi penggunaannya. Tapi bagaimana mengolah plastik yang sudah kadung digunakan.  

Baca Juga: HEBAT! BI dan Deskranasda Jabar Inisiasi PKJB-KKJ. Tampilkan 325 Karya Pelaku UMKM Dari 27 Kota dan Kab

Di Kota Bandung pun berbagai inovasi dilakukan oleh seluruh pihak, mulai dari Pemerintah Kota Bandung hingga masyarakat. Hasilnya, sejumlah produk baru yang mungkin tak terpikirkan sebelumnya, lahir dari sampah-sampah plastik yang sebelumnya tak terpakai.  

Inilah Barang-barang Yang Dihasilkan Dari sampah Plastik :  

Paving Block.  

Warga di RW 12 dan 14 Riung Bandung, Kelurahan Cisaranten punya inovasi mengolah sampah plastik menjadi paving block. Inovasi ini pertama kali dipublikasikan pada 2019.  

Bahkan, pada masa tersebut, paving block karya masyarakat RW 12 dan 14 Riung Bandung mendapat apresiasi dari Wali Kota Bandung 2018-2021, Alm. Oded M. Danial.  

Wayang  

Pernah mendengar atau mengenal komunitas Wayang Plastik? Jika belum, silahkan intip kreasi dan kegiatan mereka di Instagram @wayangplastik.  

Baca Juga: Pemprov Jabar Terus Dorong Tata Kelola Sampah: Zero Food Waste di Lingkungan Rumah Tangga

Berlokasi di Jalan Dago Pojok No 112, Dago, komunitas ini menggagas kegiatan seni dengan menjadikan sampah plastik sebagai materialnya. Jadi, sampah-sampah plastik ini dikumpulkan, lalu ditata sedemikian rupa menjadi wayang.  

Tidak hanya untuk jadi pajangan, tapi mereka pun kerap menggelar pentas dengan wayang yang berasal dari sampah plastik tadi. Dasyatlah ! 

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Humas Kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah