Pilgub Jakarta 2024 : MANTAP! Anies Maju Pilgub Jakarta, Jadi Modal Pilpres 2029

- 16 Juni 2024, 13:00 WIB
Anies Baswedan menerima rekomendasi sebagai bakal calon gubernur dari PKB Jakarta di Kantor DPW PKB, Jakarta
Anies Baswedan menerima rekomendasi sebagai bakal calon gubernur dari PKB Jakarta di Kantor DPW PKB, Jakarta /Foto: ANTARA/

IDEJABAR - Anies Baswedan kembali akan diusung sebagai Calon Gubernur Jakarta 2024-2029, dan pastinya hal itu akan memancing respon beragam dari masyarakat maupun pengamat politik.  

Faktanya sejumlah tokoh, pengamat dan masyarakat menanggapi kemunculan nama Anies Baswedan dibursa Pilgub DKI Jakarta. Namun begitu, tak sedikit parpol yang juga mendukung majunya Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta itu.  

Bisa Jadi Modal Anies Untuk Kembali Maju di Pilpres 2029  

Peneliti politik senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof Siti Zuhro pun turut menanggapi terkait munculnya nama Anies Baswedan di bursa Cagub DKI Jakarta ini.  

Pilkada Serentak 2024
Pilkada Serentak 2024

Menurut Siti Zuhro, kembalinya Anies Baswedan membidik kursi Gubernur Jakarta dengan mengikuti Pilkada Jakarta 2024, bisa jadi modal untuk tampil kembali di Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) selanjutnya yakni di tahun 2029.

Pasalnya, tutur Zuhro, saat ini Anies Baswedan telah mendapatkan dukungan dari DPW Partai Kebangkitan Bangsa Jakarta untuk maju dalam burasa Pilkada. Dan Anies, kata Zuhro, tidak melakukan penolakan. Itu artinya, lanjut Zuhro, itu bisa diartikan sebagai gayung bersambut antara kedua pihak.  

Baca Juga: Pilgub Jakarta 2024: HEBOH Rencana Duet Anies-Kaesang di Pilgub Jakarta 2024

"Atau mungkin lebih dari satu partai nanti yang ingin mengusung Anies dan dalam hal ini Anies sebagai mantan Gubernur satu periode," kata Siti Zuhro seperti dikutif ANTARA.  

Sementara itu, dalam perspektif politis, Zuhro menilai bahwa Anies telah memanfaatkan kesempatan yang ada untuk mpertahankan pamornya beberapa tahun ke depan. Pasalnya, lanjut Zuhro, jika nama Anies tidak muncul ke permukaan, maka  publik pun  saja melupakan sosok Anies tersebut.  

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: ANTARA Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini