Pilkada Serentak 2024, Caleg Terpilih Harus Mundur, Yadi Mulyadi :”Saya Siap Mundur dari Caleg Terpilih”

- 20 Mei 2024, 10:30 WIB
Ilustrasi Pilkada Serentak (Foto. Net)
Ilustrasi Pilkada Serentak (Foto. Net) /

IDEJABAR – Pernyataan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari saat rapat bersama Komisi II DPR RI, Bawaslu dan Mendagri di Gedung DPR bahwa Caleg DPR, DPD dan DPRD terpilih harus mengajukan surat pengunduran diri jika maju dalam Pilkada Serentak 2024 telah merubah peta kekuatan dalam pertarungan pilkada. Pasalnya, ada caleg terpilih yang menjadi calon kuat dibeberapa daerah penyelenggaraan pilkada. Sehingga, dia dihadapkan pada pilihan yang dilematis.  

Baca Juga: Pemekaran Kab Tasikmalaya : 95 Desa Dari 10 Kec Siap Hengkang Dari Kab Tasikmalaya.

Dalam penyataannya itu, Hasyim menyebutkan bahwa di UU Pilkada, jika ada anggota DPR, DPD dan DPRD provinsi dan kabupaten/kota didaftarkan sebagai calon, maka yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari jabatannya. Namun, bagi calon terpilih yang belum dilantik, maka yang bersangkutan harus bersedia mengundurkan diri sebagai calon terpilih anggota DPR, DPD atau DPRD.  

Pernyataan Ketua KPU Merubah Secara Drastis Peta Pertarungan Dalam Pilkada Serentak  

Pernyataan Ketua KPU tersebut sontak membuat shock dan gaduh para calon terpilih di Pileg 2024 yang juga ikut bertarung sebagai calon dalam Pilkada Serentak. Pasalnya, mereka harus mempertaruhkan hasil kerja politiknya di Pileg. Padahal, keberhasilan di Pileg itu merupakan hasil perjuangan yang sangat berat dari sisi tenaga dan materi.  

Dede Yusuf, Anggota DPR RI yang kembali terpilih dengan tegas menolak untuk dicalonkan kembali dalam Pilgub Jabar. Apa lagi ada ketentuan dirinya harus mundur dari Calon Terpilih DPR RI. “Habis dong gua segalanya,” seloroh Dede saat ditanya oleh reporter salah sebuah televisi nasional.  

Ketua DPD PKS H.Yadi Mulyadi saat menjawab pertanyaan wartawan terkait keikutsertaannya dalam joging yang diinisiasi Gerindra.*
Ketua DPD PKS H.Yadi Mulyadi saat menjawab pertanyaan wartawan terkait keikutsertaannya dalam joging yang diinisiasi Gerindra.* Kabar-tasikmalaya com/Irman Sukmana

Di Pilwalkot Tasik pun ada beberapa sosok yang digadang-gadang akan maju dalam Pilwalkot Tasik dan mereka pun masuk dalam daftar Caeg Terpilih. Sebut saja, misalnya Ketua PKB Kota Tasik, H. Wahid yang juga menjadi Caleg terpilih dan kandidat dari PKB yang berpeluang maju dalam Pilwalkot Tasik.  

Kemudian ada H Muslim M.Si, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tasik yang juga jadi Caleg Terpilih dan dia pun jadi salah satu kandidat Pilwalkot Tasik.  

Baca Juga: Pilkada Kota Tasikmalaya. Efektifkah Koalisi Gemuk Yang Digagas Gerindra?

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Wawancara Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah