PDIP Hilang 2 Kursi DPR RI di Jabar pada Pemilu 2024: dari 13 Tinggal 11

- 3 April 2024, 15:30 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri
Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri /Foto : screenshot youtube PDI Perjuangan

IDEJABAR- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kehilangan dua kursi DPR RI di Jawa Barat (Jabar): dari 13 tinggal 11 kursi. Dengan demikian, si "Moncong Putih" ini menempati posisi kelima dari seluruh partai di Jabar. 

Kehilangan kursi itu terjadi di Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar IV, yang mencakup Kabupaten (Kab) Sukabumi dan Kota Sukabumi, serta Dapil Jabar IX: Kab Majalengka, Kab Sumedang, dan Kab Subang.

Di Dapil Jabar IV, partai di bawah pimpinan Megawati Sukarnoputri ini sama sekali tidak punya kursi. Satu-satunya kursi mereka, Ribka Tjiptaning Proletariyati, sirna. Sementara di Dapil Jabar IX, dari dua kursi hasil Pemilu 2019, kini tinggal satu, diisi Hasanuddin.

Di Jabar kursi terbesar diraih Golkar (17 kursi = naik 3 kursi), yang menggeser Gerindra (16 kursi = turun 1 kursi); barulah PKB (13 kursi = naik 5 kursi)

Baca Juga: PKB Meroket di Jabar pada Pemilu 2024: dari 8 ke13 Kursi DPR RI

Demikian pengumuman hasil penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tentu jumlah ini masih bisa berubah jika Mahkamah Konstitusi mengabulkan gugatan dari partai dan calon anggota legislatif di Jabar.

Sebagaimana diketahui, Jabar merupakan provinsi dengan daftar pemilih tetap terbanyak di Indonesia: 35.714.901 orang; sekaligus menyediakan kursi DPR RI terbanyak: 91 kursi; yang terbagi di 11 Daerah Pemilihan (Dapil)

Urutan kursi terbanyak di Jabar, sementara ini adalah (lihat tabel)
Golkar: 17 kursi
Gerindra: 16 kursi
PKB: 13 kursi
PKS: 12 kursi
PDIP: 11 kursi
Nasdem: 8 kursi
PAN: 8 kursi
Demokrat: 6 kursi

Kursi PDIP di Jabar dari 11 Dapil
Kursi PDIP di Jabar dari 11 Dapil

PDIP Masih Kuat di Karawang-Bekasi-Purwakarta

PDIP masih berjaya meraih dua kursi DPR RI di Dapil Jabar VIII, mecakup Kab Bekasi, Kab Karawang, dan Kab Purwakarta, dengan caleg terpilih Rokhmin Dahuri (mantan Menteri Kelautan dan Perikanan) dan Selly Andriany Gantina (petahana)

Halaman:

Editor: Edi ES


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah