Program Ganjar Pranowo Soal Pemutihan KUR Macet untuk Sejahterakan Nelayan, Diapresiasi

- 22 Desember 2023, 10:04 WIB
Calon Presiden Ganjar Pranowo
Calon Presiden Ganjar Pranowo /

IDEJABAR - Program yang membuat angin segar bagi nelayan dicetuhkan oleh calon Presiden Ganjar Pranowo. Dia berjanji akan memutihkan kredit macet seluruh nelayan di Indonesia.

Program kedepan jika terpilih menjadi presiden, kesejahteraan nelayan menjadi salah satu topik yang dibahas Calon Presiden Ganjar Pranowo. Langkah afirmatif itu penting dilakukan agar nelayan lebih produktif dan semakin sejahtera.

Menurut Direktur Program INDEF, Esther Sri Astuti mengatakan, pemutihan kredit macet para nelayan mungkin saja dilakukan. Langkah ini disebut bisa membantu nasib para nelayan.

Baca Juga: Awas, Kasus COVID-19 di Jabar Mulai Tinggi, Pemprov Pastikan Tidak Ada Pembatasan Sosial

“Sudah terjadi untuk KUR saat ini, dan itu mungkin saja,” kata Esther dihubungi hari ini (20/12). Langkah ini disebut bisa membantu nasib para nelayan. Namun langkah kongkrit besar lain juga dinanti.

“Pertama, bisa diberikan subsidi BBM untuk kapalnya agar bisa menangkap ikan.” sebut Esther. Tidak ada BBM, nelayan tidak bisa melaut, maka perlu memastikan agar suplai BBM bersubsidi ke nelayan tetap aman.

Kedua terkait insentif dan akses ke modal. “ Kedua bisa diberikan subsidi suku bunga bagi nelayan yang mau membuka usaha mengolah kemudian menjualnya produk laut. Sehingga akses ke modalnya bisa mudah.” imbuh Esther.

Lalu mengenai peningkatan kapasitas nelayan. “Memberikan bimbingan teknis pasca penangkapan ikan dengan teknologi sehingga ikan dan produk laut bisa dijual dengan harga lebih tinggi.” kata Esther.

Kemudian, tidak bisa dipungkiri masih banyak terjadi penangkapan ikan secara ilegal. Ini harus ditumpas agar nelayan setempat sejahtera.

Halaman:

Editor: Adin Supriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah