HEBAT EUY! Indonesia Lolos ke Putaran 3 Piala Dunia 2026, Tidur Pun Bisa Sambil Tersenyum

- 11 Juni 2024, 22:35 WIB
 Thom Jan Haye (kanan) berselebrasi bersama Asnawi Mangkualam (kedua kanan) dan Marselino Ferdinan (kiri) setelah berhasil membobol gawang Timnas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa 11 Juni 2024.
Thom Jan Haye (kanan) berselebrasi bersama Asnawi Mangkualam (kedua kanan) dan Marselino Ferdinan (kiri) setelah berhasil membobol gawang Timnas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa 11 Juni 2024. /ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/

IDEJABAR - Timnas Indonesia mengukir sejarah lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk pertama kalinya setelah mengalahkan timnas Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa 11 Juni 2024 malam WIB.

Sebanyak dua gol Indonesia yang dicetak Thom Haye (31') dan Rizky Ridho (55') cukup membawa Garuda menempati posisi kedua klasemen akhir Grup F dengan 10 poin untuk lolos ke putaran ketiga sekaligus otomatis lolos ke Piala Asia 2027.

Di putaran ketiga, Indonesia akan bersaing dengan 17 negara lainnya termasuk Jepang, Qatar, Korea Selatan, hingga Australia, untuk memperebutkan enam tempat lolos otomatis ke Piala Dunia 2026 yang dimainkan pertama kalinya di tiga negara, yaitu di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Sebanyak 18 tim di putaran ketiga akan dibagi tiga grup yang diisi enam tim dengan dua tim teratas dari setiap grup otomatis lolos ke Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Mike Tyson Sakit Dirawat di Los Angeles, Duel Lawan Jake Paul Ditangguhkan

Andaikan gagal menjadi juara dan runner up grup, Indonesia masih memiliki kesempatan lolos apabila menyelesaikan putaran ketiga di posisi ketiga atau keempat karena dua posisi itu akan memainkan putaran keempat dan kelima untuk memperebutkan dua tiket otomatis tersisa dan satu tiket playoff.

Peringkat kedua di klasemen akhir Grup F sekaligus juga memastikan Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2027. Indonesia menjadi negara peserta ke-15 yang lolos ke ajang bergengsi level Asia tersebut.

Nuansa positif

Nuansa positif sudah terasa bahkan sejak sebelum kickoff. Nama pelatih Shin Tae-yong berkali-kali diteriakkan oleh para penonton yang berjumlah 64.000 sebagai wujud rasa kagum dan cinta kepada pelatih asal Korea Selatan itu.

Indonesia mengambil inisiatif serangan sejak awal. Thom Haye melakukan gerakan cepat ke garis belakang pertahanan tim Filipina, untuk mengirim umpan silang yang disambar sepakan Ragnar Oratmangoen yang membentur pemain lawan.

Calvin Verdonk yang mendapat kesempatan menjadi pemain inti mencoba peruntungannya saat memiliki peluang. Dua kali ia melepaskan tembakan yang masih melambung di atas gawang Filipina.

Ancaman berikutnya dari kubu Indonesia didapat oleh Marselino Ferdinan. Pemain tengah kreatif itu mendapat gangguan dari lawan sebelum melepaskan tembakan yang dapat diblok kiper Kevin Mendoza. Beberapa saat kemudian Verdonk mengirimkan umpan silang yang disundul oleh Justin Hubner, tetapi belum membahayakan gawang Filipina.

Baca Juga: 2 Pengamat Politik Ragukan Ridwan Kamil Bisa Menang di Pilgub Jakarta 2024, Begini Kalkulasinya!

Halaman:

Editor: Ateng Jaelani

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah