Infrastruktur Pasif Telekomunikasi : EDUN EUY! Jaringan Sepanjang 274 KM Mulai Dibangun

- 21 Juni 2024, 17:44 WIB
Peremmian Proyek IPT yang akan membuat jaringan telekomunikasi sepanjang 274 Km
Peremmian Proyek IPT yang akan membuat jaringan telekomunikasi sepanjang 274 Km /Humas Kota Bandung/

IDEJABAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung resmi memulai proyek Penyelenggaraan Infrastruktur Pasif Telekomunikasi (IPT) di Jalan Merdeka, Jumat ini (021/06/24). Pada penyelenggaraan Proyek IPT ini Pemkot Bandung bekerja sama dengan PT. Bandung Infra Investama (BII) dan PT. Jaringan Pintar Bersama (JPB).  

Merujuk PP No 46 Tahun 2021 tentang Postelsiar, infrastruktur pasif telekomunikasi merupakan bangunan di atas dan bawah tanah sebagai sarana penunjang menempatkan perangkat telekomunikasi. Beberapa contoh di antaranya gorong-gorong (ducting), menara, tiang, lubang kabel (manhole), dan terowongan (tunnel).  

Jaringan IPT Untuk Kurangi Kabel Udara Di Kota Bandung  

Menurut Direktur Utama PT. BII, Asep Wawan Darmawan, pembangunan infrastruktur telekomunikasi akan berlangsung selama tiga tahun hingga Mei 2027. Karena, lanjut Asep, itu mencakup 148 ruas jalan dengan panjang jalan 137 km serta total panjang jaringan 274 km.  

Usai meresmikan proyek tersebut lalu memberikan keterangan kepada wartawan
Usai meresmikan proyek tersebut lalu memberikan keterangan kepada wartawan

"Ini adalah langkah besar untuk mengurangi kabel udara di kota ini, memperindah estetika kota, dan meningkatkan efisiensi pengelolaan jaringan telekomunikasi," jelas Asep kepada wartawan.  

Disampaikan Asep, proyek infrastruktur ini nantinya akan mendukung penempatan perangkat telekomunikasi, mempercepat transformasi Kota Bandung menuju Smart City serta meningkatkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).  

Baca Juga: Pemprov Jabar : Sambut Baik Kerja Sama dengan BRIN Tangani Stunting

“PT BII dan JPB akan bekerja sama dengan Pemkot untuk memastikan proyek ini berjalan lancar dan sesuai jadwal,” urai  Asep optimistis.  

Ditempat yang sama, Plh. Sekretaris Daerah Kota Bandung, Hikmat Ginanjar menyampaikan, proyek ini merupakan bagian dari visi Kota Bandung. Proyek ini, lanjut Hikmat, merupakan bagian dari visi besar Kota Bandung untuk menjadi kota yang unggul dan nyaman.  

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Humas Kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkini