Di World Water Forum ke 10 di Nusa Dua, Bali , Jabar Luncurkan Buku Citarum Harum

- 21 Mei 2024, 10:30 WIB
Bey Machmudin menandatangani plakat bersama Menko Maritim dan Investasi sebagai simbol Peluncuran Buku
Bey Machmudin menandatangani plakat bersama Menko Maritim dan Investasi sebagai simbol Peluncuran Buku /Foto : Humas Jabar/

IDEJABAR - Buku Citarum Harum: Caring for Rivers Saving Lives, resmi diluncurkan dalam rangkaian acara World Water Forum (WWF) Ke-10 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin malam tadi, (20/5/2024).   

Buku yang mencatat kisah-kisah perjuangan dan keberhasilan mengatasi polusi serta mengembalikan kehidupan di salah satu sungai terpenting di Indonesia itu diluncurkan langsung oleh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, yang juga Ketua Panitia Nasional Penyelenggara WWF Ke-10, Luhut Binsar Pandjaitan.  

Baca Juga: Pemprov Jabar Akan Aktifkan Kembali Kereta Api, Jalur Banjar-Pangandaran dan Ciwidey-Bandung

Juga turut mendampingi Luhut, Penjabat Gubernur Jabar, yang juga Komandan Satgas Citarum Harum Bey Machmudin serta dihadiri pula oleh 23 Komandan Sektor Citarum Harum.  

Sungai Citarum Sempat Dijuluki DSungai Terkotor Di Dunia  

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya menyebutkan, buku Citarum Harum menceritakan tentang proses perjalanan mengendalikan pencemaran dan kerusakan di sepanjang DAS Citarum. Bahkan, kata Luhut, Sungai Citum itu sempat dijuluki sungai terkotor di dunia, kini kondisi Sungai Citarum sudah jauh lebih baik.  

"Buku ini bagus, nanti kita serahkan kepada Pak Presiden. Ini yang sudah kita lakukan sesuai perintah Pak Presiden," ujar Luhut bangga.  

Pj. Gub Jabar saat memberikan sambutan pada peluncuran Buku Citarum Harum di Bali
Pj. Gub Jabar saat memberikan sambutan pada peluncuran Buku Citarum Harum di Bali

Sejak digulirkan pada 2018 silam, Program Citarum Harum ditargetkan selesai pada tahun 2025-2026 sesuai dengan Perpres Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum.  

Hingga tahun ini Program Citarum Harum telah berhasil membuat sungai sepanjang 297 kilometer itu kembali bersih.  

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Humas Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah