Penyebab Gempa Bali Tadi Sore Menurut Badan Geologi, BMKG Pusat Gempa di Lombok, Sejumlah Rumah Rusak

- 14 Mei 2024, 20:53 WIB
Penyebab Gempa Bali Tadi Sore Menurut Badan Geologi, dikabarkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan
Penyebab Gempa Bali Tadi Sore Menurut Badan Geologi, dikabarkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan /BMKG

IDEJABAR - Gempa terasa kencang di Denpasar dan beberapa kota di Bali pada Selasa sore 14 Mei 2024, BMKG menyatakan kekuatan gempa 5.5 magnitudo dengan pusat gempa berada di Lombok Nusa Tenggara Barat. Sejumlah rumah warga di Lombok mengalami kerusakan.

Penyebab gempa Bali hari ini disampaikan secara resmi oleh Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral M Wafid yang mengirim rilis ke redaksi IdeJabar pada Selasa malam.

Dijelaskan penyebab gempa Bali yang berpusat di Selat Lombok pada koordinat 8,4 LS dan 116,03 BT, berjarak sekitar 23,67 km utara barat laut kota Mataram dengan magnitudo (M5,5) pada kedalaman 10 km.

Baca Juga: Lagi Butuh Modal Usaha? Coba Pinjam Uang di DANA Inilah Syarat, Caranya yang Bisa Langsung Cair

Menurut informasi dari The United States Geological Survey (USGS) Amerika Serikat lokasi pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8,406 LS dan 115,972 BT dengan magnitudo (M5,1) pada kedalaman 28,3 km.

Berdasarkan informasi dari GeoForschungsZentrum (GFZ), Jerman, lokasi pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8,42 LS dan 116,05 BT dengan magnitudo (M5,2) pada kedalaman 19 km.

 

Penyebab Gempa Lombok yang Terasa di Bali

M Wafid menyatakan Pulau Lombok pada umumnya tersusun oleh morfologi dataran pantai dan pada bagian tengah merupakan perbukitan bergelombang hingga perbukitan terjal.

Menurut data Badan Geologi (BG) daerah terlanda gempa bumi tersusun oleh tanah sedang (kelas D) dan tanah keras (kelas C).

Halaman:

Editor: Adin Supriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah