Ancol Masih Tetap Jadi Primadona Tujuan Wisata

- 14 April 2024, 15:30 WIB
Suasana pantai di Ancol yang didatangi rinuan orang
Suasana pantai di Ancol yang didatangi rinuan orang /Foto :Ateng Jaelani/IdeJabar/

IDEJABAR - Hari ini adalah hari terakhir libur lebaran, sebab hari Senin (15/04/24) seluruh aktivitas harus kembali berdenyut. Oleh karena itu wajar, jika sisa hari libur ini dimanfaatkan sebagaian besar orang untuk berekreasi atau berwisata.

Salah satu tempat wisata yang legendaris adalah Taman Impian Jaya Ancol, selanjutnya disebut Ancol, yang terletak di Jakarta Utara. Ancol tepatnya berada di Pademangan, Jakarta Utara dengan menempati lahan seluar 552 hektare atau 5.520.000 M2.

Sebelumnya, Ancol merupakan kawasan perumahan mewah yang dimiliki Belanda. Namun, kawasan itu terbengkalai pada akhir abad 19, karena cuaca yang tidak bersahabat dan sumber air yang menjadi asin pengaruh dari posisinya yang berada di pinggir laut.

Suasana Panggung Musik di Pinggir Pantai banyak diminati pengunjung
Suasana Panggung Musik di Pinggir Pantai banyak diminati pengunjung

Kini Ancol berubah menjadi wahana hiburan dan rekreasi yang menawarkan kesegaran suasana pantai dari semua kalangan usia. Pantai dan Taman memiliki 5 pantai yakni Pantai Festival, Indah, Elok, Ria dan Carnival Beach Club dan Danau Impian, sepanjang kurang lebih 5 km.

Libur Terakhir Ribuan Pengunjung Penuhi Ancol

Memasuki hari ke 4 lebaran dan hari terakhir libur idul fitri, ribuan orang yang datang dari berbagai daerah memenuhi kawasan wisata Ancol. Mereka datang dengan keluarga, teman dan kerabatnya. Apa lagi dalam menyambut lebaran Ancol menggelar berbagai acara diantaranya panggung hiburan.

Ade, warga Cikarang, mengaku lokasi yang paling disukainya di kawasan Ancol adalah Pantai Laguna Pasir Putih. Dengan tiket Rp30 ribu, tutur Ade, kita sudah bisa menikmati berbagai wahana hiburan.

Papan-papan peringatan yang tersebar disepanjang pantai menjadi pengingat para wisatawan
Papan-papan peringatan yang tersebar disepanjang pantai menjadi pengingat para wisatawan

“Apa lagi sekarang untuk yang tidak memiliki mobil pribadi bisa menggunakan Kereta Cummuter Line (KRL). Kalau dari arah Bogor bisa turun di Stasiun Kota, lalu ganti yang ke arah Tanjung Priok dan turun di stasiun Ancol,” ungkap Ade.

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah