Th 2022 Jumlah Pengunjung Pangandaran Capai 3 Juta, Target Tahun 2023 Naik Jadi 4 Juta Pengunjung

- 24 November 2023, 11:06 WIB
Gerbang pintu masuk Pantai Pangandaran. Pada libur Imlek 2021 hingga Jumat 12 Februari sore tidak ada lonjakan pengunjung yang datang.ni
Gerbang pintu masuk Pantai Pangandaran. Pada libur Imlek 2021 hingga Jumat 12 Februari sore tidak ada lonjakan pengunjung yang datang.ni /DeskJabar/

IDEJABAR. Setiap Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Pangandaran selalu menjadi salah satu tujuan wisata. Sehingga bukan hal yang aneh, jika setiap menjelang Nataru arus lalu lintas menuju Pantai Pangandaran selalu dilanda kemacetan.

Berkaca dari kejadian tahun sebelumnya, pihak  kepolisian dan para pelaku wisata di Pangandaran mulai melakukan berbagai persiapan. Hal itu dilakukan guna mengatisipasi kemacetan yang kerap terjadi dan menumpuknya sampah terutama di kawasan pantai.

Bus Besar dan Truk Besar Dilarang Memasuki Pantai

Ribuan wisatawan memadati pantai pangandaran
Ribuan wisatawan memadati pantai pangandaran yedi supriadi

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Pangandaran, Agus Mulyana, mengatakan tahun ini persiapan menyambut Nataru akan dimulai lebih awal dari biasanya. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya ada dua hal yang harus menjadi perhatian dalam menyambut liburan Nataru.

“Pertama kemacetan di area wisata dan masalah sampah. Sampah menjadi persoalan penting, karena pengangkutannya terhambat oleh kemacetan yang berakibat tersendatnya arus wisatawan,” ungkap Agus kepada wartawan.

Untuk meminimalisir hal itu, pihaknya memulai lewat sosialisasi ke semua stakeholder yang ada. Deteksi dini ini penting agar semua pihak dapat bekerja sama untuk memastikan bahwa Pangandaran bebas kemacetan.  Dia berharap, seluruh pihak yang ada di Pangandaran ikut berperan aktif.

“Kami sepakat melarang bus besar dan truk masuk ke kawasan objek wisata, terutama ke Pantai Pangandaran. Bus besar tidak bisa masuk kawasan objek wisata Pantai Pangandaran. Mereka harus parkir di Pasar Wisata dan Katapang Doyong Pantai Timur Pangandaran," paparnya seraya meminta pengunjung yang akan menginap di hotel bisa menggunakan jasa becak motor dan kendaraan wisata milik masyarakat setempat.

Pesona pantai Pangandaran
Pesona pantai Pangandaran

Kasat Lantas Polres Pangandaran, AKP Asep Nugraha, menyatakan persiapan menyambut liburan tahun baru kali ini dilakukan lebih awal. "Kami mendukung dan akan melaksanakan sesuai hasil rapat koordinasi hari ini," ucapnya.

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Pikiran Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah