Pj. Gub Jabar Sidak Pembershan Sungai Citarum. Sampah Di Dasar Sungai Jadi Kendala Proses Pembersihan

- 19 Juni 2024, 16:30 WIB
Pj. Gubernur Jabar Bey Machmudin saat melakukan peninjauan ke proses pengerukan sampah di  Jembatan Sapan KBB
Pj. Gubernur Jabar Bey Machmudin saat melakukan peninjauan ke proses pengerukan sampah di Jembatan Sapan KBB /Foto : Humas Jabar/

IDEJABAR – Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengungkapkan sejumlah kendala terkait pembersihan Sungai Citarum di kawasan Jembatan Sapan, Kabupaten Bandung Barat.  

Sampah yang menumpuk di dasar sungai menjadi salah satu kendala, yang membuat proses pembersihan Sungai Citarum memakan waktu lama.  

Jangan Buang Sampah Ke Sungai  

Menurut Bey Machmudin, proses pembersihan itu memerlukan waktu sekitar 1,5 bulan. Namun, kata Bey, untuk jembatan itu sendiri dalam tiga hari sudah bersih. Kata Bey, memang di bawah jembatan bersih, tapi kemudian yang di bawah (sedimen) pada naik ke atas.  

Baca Juga: DARAJAT PASS, Objek Wisata di Garut yang Cocok Buat Healing Saat Libur Panjang Sekolah 2024

"Intinya kami akan terus bekerja, malah akan diperluas lagi jangkauannya," kata Bey di Kota Bandung, Rabu (19/06/24).  

Setelah dilakukan pembersihan oleh Pemprov Jabar dan Satgas Citarum Harum ternyata tumpukan sampah tak hanya ada di permukaan, melainkan juga menumpuk hingga dasar sungai.  

Baca Juga: Berkunjung ke Jakarta Fair Sambil Berburu oleh-oleh Dan Souvenir

"Intinya pembersihan perlu diperpanjang, karena yang di bawah itu naik ke atas. Jika hujan sampah akan terbawa arus, kalau kemarau sampah diam, lalu naik ke atas," papar Bey.

Ditegaskan Bey, seluruh elemen agar memiliki komitmen kuat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan yang terpenting untuk memilah sampah sejak dari rumah.  

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Humas Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini