Sampah Menggunung di Depok: TPA Cipayung Kembali Longsor

- 15 Mei 2024, 13:00 WIB
Sampah menggunung TPAS Depok Utara dan di jalan-jalan. Foto hari ini, Rabu (15/5/2024)
Sampah menggunung TPAS Depok Utara dan di jalan-jalan. Foto hari ini, Rabu (15/5/2024) /Rasti S/

IDEJABAR – Sampah menumpuk di berbagai lokasi Kota Depok, Jawa Barat (Jabar), sejak Senin hingga hari ini, Rabu (13-15/5/2024).

Di depan RS Grha Permata Ibu, Kukusan, Beji, Depok, misalnya, sampah tampak menumpuk hingga menjadi gunungan kecil.

Begitu pula di tempat pembuangan sampah sementara (TPAS) Depok Utara, di Jl. Jawa, sampah menggunung, lantaran belum diangkut ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cipayung.

Biasanya, selalu ada orang memilah dan mengolah sampah di TPAS Depok Utara. Namun hari ini sepi.

“Biasanya ada orang-orang mengolah sampah di sini [TPAS Depok Utara]. Hari ini kok sepi,” kata Rasti Suryandani aktivis Bank Sampah Arwana, Depok. “Gerobak sampah juga terparkir dengan sampah menumpuk di bak, belum diturunkan ke penampungan.”

Gunungan sampah di sana-sini itu terjadi lantaran terjadi longsor di gunungan sampah di TPA Cipayung pekan lalu. Pengangkutan sampah terganggu, bahkan dihentikan sejak Senin silam.

Kejadian longsor itu sering terjadi. "Karena hal ini sudah berulang, akhirnya kami ambil keputusan bersama, berdasarkan arahan pak Kadis juga, untuk meliburkan TPA selama 2 hari untuk melakukan penataan lebih menyeluruh," kata Kasubag Tata Usaha (TU) TPA Cipayung, Yuyun Andiyana kepada media.

Pengangkutan sampah ke TPA Cipayung diperkirakan baru bisa dilakukan pada Rabu ini. Itupun tentu tidak dapat sekaligus, mengingat sampah sudah menggunung di sana-sini.

Repotnya, sejak Februari 2024 TPA Cipayung juga sudah tidak mampu menampung sampah, yang dalam sehari rata-rata mencapai 900 ton. Demikian diutarakan pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, pada Oktober 2023 kepada media massa.

Halaman:

Editor: Edi ES

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah