SALDO KOSONG!, Apakah Rekening dan Kartu ATM Diblokir Bank? Ini Penjelasannya

- 24 Juni 2024, 10:05 WIB
Ilustrasi cek saldo rekening. /Pixabay/Peggy und Marco Lachmann-Anke
Ilustrasi cek saldo rekening. /Pixabay/Peggy und Marco Lachmann-Anke /

IDEJABAR – Penting diketahui, setiap bank memiliki produk tabungan dan saldo minimal yang berbeda-beda. Saldo tersebut berfungsi sebagai pengaman jika nasabah tidak aktif menggunakan rekening.

Saldo yang mengendap di rekening, akan digunakan oleh pihak bank untuk menutupi biaya-biaya transaksi. Untuk itu, penting bagi para nasabah mengetahu minimal saldo dari produk-produk tabungan bank sebelum memilih dan menggunakannya.

Lantas bagaimana jika saldo kosong (nol rupiah), apakah rekening dan kartu ATM diblokir bank?.

Baca Juga: Pilkada Kab Tasik 2024: MANTAP! Iwan Saputra Dapat Dukungan Pesantren Suryalaya

Menjadi nasabah bank dengan saldo tabungan kosong (nol rupiah) di rekening terkadang menjadi hal biasa. Salah satu alasannya karena nasabah memiliki rekening di lebih dari satu bank.

Selain itu, mungkin juga nasabah tidak bisa mengisi saldo lantaran tidak punya penghasilan lagi. Atau uangnya habis untuk menutupi kebutuhan hidup, sehingga tidak ada sisa untuk mengisi saldo rekening bank.

Saldo rekening seseorang biasanya akan terpotong setiap bulannya. Pemotongan itu ditujukkan sebagai bentuk pemotongan biaya admin. Bila rekening kosong maka hal ini bisa merugikan pihak bank. Maka itu, bank memutuskan untuk mengubah status akun rekening yang aktif menjadi rekening dormant.

Rekening yang sudah tidak aktif atau ditutup secara permanen tidak bisa lagi digunakan oleh pemiliknya. Artinya, nasabah pemilik rekening tersebut juga tidak bisa melakukan seluruh transaksi perbankan menggunakan rekening tersebut.

Kemudian rekening yang sudah mati juga tidak bisa menerima transfer dana dari rekening bank mana pun. Transaksi transfer ke rekening yang sudah ditutup otomatis akan dibatalkan secara otomatis. Dana pun akan dikembalikan ke rekening sumber dana.

Halaman:

Editor: Adin Supriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah