HEBAT! Pemkot Bandung Lakukan Berbagai Strategi, Untuk Dongkrak Indikator Makro Pembangunan

- 20 Juni 2024, 13:45 WIB
Pertemuan OPD dengan Pj. Gubernur, Sekda Pemprov dan Pj. Wali Kota Bandung di Pendopo Bandung
Pertemuan OPD dengan Pj. Gubernur, Sekda Pemprov dan Pj. Wali Kota Bandung di Pendopo Bandung /Foto : Humas Kota Bandung/

IDEJABAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah menyiapkan berbagai strategi guna mendongkrak indikator makro pembangunan di Kota Bandung. Mulai dari penangan sampah, penanggulangan kemiskinan, mengatasi pengangguran dan penurunan prevalansi stunting. 

Hal itu diungkapkan Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono saat kegiatan Pembinaan dan Optimalisasi Pencapaian Indikator Makro Pembangunan di Pemerintah Kota Bandung. Materi itu disampaikan Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin dan Sekda Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman di Pendopo Kota Bandung, Rabu kemarin (19/06/24). 

Data Menjadi Basis Pergerakan dan Pelaksanaan Program 

Menurut Bambang, terkait dengan penanggulangan kemiskinan, integrasi dan satu basis data menjadi salah satu kunci dalam penanggulangan kemiskinan. Dengan data yang sama, urai Bambang, maka intervensi program dalam penanggulangan kemiskinan dapat dilaksanakan secara optimal.  

Baca Juga: Audit Kasus Stunting Di Kota Bandung: HEBATLAH! Masyarakat Beresiko Stunting Dapat Bantuan dan Edukasi

"Jadi beberapa inovasi-inovasi yang kita sampaikan dalam rangka untuk mengatasi beberapa indikator makro yang dijadikan target kinerjanya pemerintah kota," kata Bambang. 

Untuk itu, Pemkot Bandung telah membuat inovasi sistem Pelayanan Kesejahteraan Sosial Satu Pintu atau Yes! Jitu. Sebuah platform pelayanan sosial terintegrasi yang berbasis pada data tunggal. 

Disampaikan Bambang, inovasi sistem ini bukan hanya mencantumkan data diri seperti nama, alamat, dan usia. Tapi, lanjut Bambang, juga 'by problem' tiap warga Kota Bandung yang membutuhkan, tertera dalam aplikasi ini.  

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Apresiasi : HADE EUY! Kinerja Pemkot Bandung Dapat Kendalikan Inflasi Daerah

"Mudah-mudahan intervensinya akan tepat sasaran kira-kira begitu. Jadi memang sejauh itu memang ada selisih data dan itu menjadi masalah," ujar Bambang serius.  

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Humas Kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub