DPMPTSP se-Jabar Tandatangani Pakta Integritas, Pemprov Targetkan 2,4 Juta NIB di Akhir 2024

- 15 Juni 2024, 09:00 WIB
Sekda Jabar Herman Suryatman saat rakor dan penandatanganan pakta integritas Pelayanan Penerbitan NIB (Nomor Induk Berusaha) di seluruh Jawa Barat, di Gedung Sate Bandung, Rabu (12/6/2024).
Sekda Jabar Herman Suryatman saat rakor dan penandatanganan pakta integritas Pelayanan Penerbitan NIB (Nomor Induk Berusaha) di seluruh Jawa Barat, di Gedung Sate Bandung, Rabu (12/6/2024). /Biro Adpim Jabar /Metro Jabar

IDEJABAR - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat dan kepala DPMPTSP 27 kabupaten dan kota di Jabar menandatangani Pakta Integritas untuk turut mengembangkan usaha kecil menengah (UKM), mikro, dan usaha supermikro.  

Salah satu bagian pengembangan yang masuk dalam pakta integritas adalah mempermudah penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB). Dengan NIB yang semakin mudah dimiliki pelaku usaha kecil dapat mengakses pendanaan legal melalui perbankan dan koperasi.  

Permudah Penerbitan NIB dan Izin Usaha  

Sekretaris Pemprov Jabar, Herman Suryatman, mengatakan  untuk menurunkan angka kemiskinan dan menurunkan angka pengangguran, satu sektor yang paling strategis dan penting adalah usaha kecil, mikro, bahkan supermikro agar usahanya bergairah dan bisa naik kelas.  

Baca Juga: MANFAATKAN BEBAS DENDA Pajak Kendaraan Jawa Barat 2024: Ini Cara, Syarat dan Jenis Kendaraan Dapat Pemutihan

“Tugas pemerintah adalah menciptakan atmosfernya, menciptakan ekosistemnya. Salah satunya kita akan support legalisasi usaha dari UKM khususnya yang mikro dan supermikro itu. Ya, salah satunya Nomor Induk Berusaha, atau Izin Usaha untuk yang risiko rendah ini," ungkap Herman usai penandatanganan pakta integritas di Gedung Sate Bandung, beberapa waktu lalu.  

Dituturkan Herman, realisasi penerbitan NIB bagi para pelaku UKM di Jabar sampai 2023  mencapai 1,4 juta NIB. Herman menargetkan 2024 bisa terbit 1 juta NIB, sehingga bisa tembus akhir 2024 bisa 2,4 juta NIB.  

Baca Juga: Sekda Jabar Herman : Kurangi Pengangguran, SMK Konsep Teaching Factory Harus Dimatangkan

"Insya Allah tahun depan kita hajar kembali 1,6 juta sehingga kami targetkan 2025 semua usaha kecil mikro supermikro sudah mendapat legalisasi izin usaha," tambahnya.  

Menurut Herman, proses mempermudah penderbitan NIB akan berdampak  luar biasa. Pasalnya, lanjut Herman, yang mikro dan supermikro akan mulai mengakses pendanaan pembiayaan formal. Ya bisa ke bank, ke koperas atau ke bank syariah di Jabar ini kan ada di semua kabupaten/kota,” imbuh Herman.  

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Humas Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub