INILAH, Langkah-langkah Penting Cegah Stunting Demi Masa Depan Anak Lebih Baik

- 21 Juni 2024, 15:00 WIB
Ilustrasi stunting
Ilustrasi stunting /

IDEJABAR - Stunting masih menjadi masalah kesehatan serius di Indonesia termasuk di Kota Bandung. Dalam upaya menurunkan stunting, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melaksanakan audit kasus stunting di sejumlah wilayah yang teridentifikasi berisiko stunting. 

Kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat dan bersih mulai tampak pada hari kedua Audit Kasus Stunting Kota Bandung 2024. Namun begitu ada hal yang lebih penting dari itu semua yakni bagimana menjaga Kesehatan anak beresiko stunting.  

Pemicu Stunting Salah-satunya Kekurangan Gizi Pada Anak  

Dokter Spesialis Anak Bidang Nutrisi, Julistio Djais menyebutkan, stunting adalah kondisi yang terjadi ketika anak mengalami kekurangan gizi kronis pada seribu hari pertama kehidupan, yang dimulai sejak masa kehamilan hingga usia dua tahun.  

Baca Juga: Pemprov Jabar : Sambut Baik Kerja Sama dengan BRIN Tangani Stunting

“Dampaknya dapat mengakibatkan pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif terganggu dan itu membahayakan masa depan anak,” kata Julistio saat audit kasus stunting di Kelurahan Wates, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Kamis kemarin (20/06/24).  

Dikatakan Julistio, pencegahan stunting tidaklah sulit jika dilakukan dengan benar. Sayangnya, kata Julistio, banyak warga masyarakat yang kurang memperhatikan hal itu.  

Inilah langkah-langkah penting untuk mencegah stunting:  

  1. Nutrisi Ibu Hamil  

“Pertama, ibu hamil perlu mendapatkan asupan makanan yang bergizi seimbang. Program pemberian suplemen tambahan, seperti tablet tambah darah, sangat penting untuk dijalankan dengan baik,” kata Julistio  

Ditambahkan Julistio, Nutrisi yang baik selama kehamilan akan memastikan janin mendapatkan gizi yang diperlukan untuk tumbuh optimal.  

Ilustrasi ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil /Pixabay/Pexels

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Humas Kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkini