HEBAT EUY! Penyembelihan Hewan Kurban di Kota Bandung Alami Kenaikan

- 17 Juni 2024, 12:00 WIB
Suasana pemotongan hewan kurban di Kota Bandung
Suasana pemotongan hewan kurban di Kota Bandung /Adpim Kota Bandung/

IDEJABAR – Jumlah hewan kurban yang disembelih di Hari Raya Idul Adha ini di Kota Bandung, alami peningkatan. Jumlah hewan kurban yang akan disembelih pada tahun 2024 sebanyak 13.701 ekor terdiri dari 7.455 ekor sapi dan 6.246 ekor kambing.  

Hal itu terlihat dari meningkatnya permohonan penyembelihan hewan kurban di 2 tempat Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Bandung. Pemotongan di RPH ini mengalami kenaikan. Tahun lalu sebanyak 363 ekor dan tahun ini sebanyak 400an ekor lebih.  

Pemotongan Hewan Kurban Alami Kenaikan Sebesar 16,8 persen Dari Tahun Sebelumnya.  

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar menybutkan,  hewan kurban yang disembelih pada tahun 2024 sebanyak 13.701 ekor terdiri dari sapi 7.455 ekor dan domba atau kambing 6.246 ekor.  

Baca Juga: BEGINI Panduan Pembagian Daging Kurban Menurut Islam: Antara Berbagi dan Menikmati

"Ini mengalami kenaikan sebesar 16,8 persen dibandingkan tahun 2023 sekitar 12.000-an ekor," kata Gin Gin kepada wartawan seusai Shalat Idul Adha di Masjid Agung Al’Ukhuwah, Senin (17/06/24).  

Dijelaskan Gin Gin, kenaikan itupun terlihat dari meningkatnya permohonan penyembelihan hewan kurban di 2 tempat RPH Kota Bandung. Pemotongan di RPH itu alami kenaikan, urai Gin Gin, dulu sebanyak 363 ekor dan tahun ini menjadi 400an ekor lebih. Gin Gin berharap, panitia Idul Adha bisa mendistribusikan daging kurban dengan lancar.  

program kurban juga menawarkan berbagai manfaat ekonomi
program kurban juga menawarkan berbagai manfaat ekonomi

"Jadi panitia akan mendistribusikan kepada mustahik (penerima) untuk dibagikan sesuai data di setiap kewilayahan. Jadi tidak perlu penerima yang datang, tapi panitia yang mengedarkan," jelas Gin Gin.   

Gin Gin sudah mengimbau agar panitia Idul Adha menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. "Kami sudah menghimbau agar  menghindari penggunaan kantong plastik, tapi gunakan kemasan yang ramah lingkungan," jelas Gin Gin.***

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Humas Kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkini