Pemekaran Kab. Tasikmalaya Tidak Cukup Hanya Berhenti Pada Potensi Saja, Tapi Bagaimana Mewujudkan Potensi Itu

- 22 Mei 2024, 12:30 WIB
95 Desa dari 10 Kecamatan siap hengkang dari Kab Tasik dan gabung dengan Kab. Tasela
95 Desa dari 10 Kecamatan siap hengkang dari Kab Tasik dan gabung dengan Kab. Tasela /Foto : Kolase Medsos/

IDEJABAR – Pada saat pendeklarasian Presidium Tasela, 1 November 2009, ternyata telah ada wilayah yang siap bergabung ke Kab Tasela. Ada 10 Kecamatan yang menyatakan siap gabung dengan Kab Tasela yakni Kec. Cibalong, Culamega, Bojongasih, Cikalong, Parungponteng, Karangnunggal, Bantarkalong, Cipatujah, Cikatomas dan Panca Tengah.  

Tanggal 19 April 2010 Presidium melayangkan surat kepada Bupati Tasik dan DPRD Kab. Tasik yang berisi tentang adanya aspirasi warga Tasela untuk segera membentuk DOB Tasela.  

Baca Juga: Lipsus Pemekaran Kab. Tasikmalaya (1). Mimpi Panjang Warga Kabupaten Tasik Selatan

Tahun 2011 terbit Keputusan DPRD Kab. Tasik Nomor 02 Tahun 2011 tentang Persetujuan Pembentukan DOB Tasela tertanggal 26 April 2011. Tahun 2012 dilakukan studi kelayakan tentang Pemekaran DOB Tasela oleh LPPM Unpad Bandung. Hasilnya Tasela layak dan direkomendasikan untuk menjadi DOB.  

Tiga Kecamatan Memiliki Potensi Non-Migas Cukup Tinggi   

Berdasarkan hasil Tim Kajian Kab Tasela ada tiga kecamatan yang memiliki potensi ekonomi cukup baik dan didukung sumber daya alam kelautan, pertanian, kehutanan, perikanan serta pertambangan. Ketiga daerah yang memiliki potensi non-migas itu adalah Kec. Karangnungal, Cikalong dan Cipatujah.   

pemandangan indah Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya cocok untuk munggahan/IG @n/a
pemandangan indah Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya cocok untuk munggahan/IG @n/a

Hasil kajian itupun menyebutkan bahwa sesuai dengan potensi alam yang ada, wilayah Kab. Tasela khusus Kec. Karangnungal, Cikalong dan Cipatujah dalam rencana pembangunan ke depan bisa diarahkan jadi daerah wisata. Tapi pola pengembangannya harus disesuaikan dengan potensi-potensi yang dimilikinya.  

Baca Juga: Lipsus Pemekaran Kab. Tasikmalaya (2). Menjemput Mimpi Panjang Warga Tasela

Pengamat APBD, Nandang Suherman, mengingatkan bahwa potensi itu adalah sesuatu yang belum mewujud. Potensi itu akan menjadi, kata Nandang, jika kemudian dimanifestasikan pada perencanaan yang akan mewujudkannya.  

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Wawancara Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah