Wow, Cycling de Jabar 2024 : Dorong Wisatawan Datang ke Kawasan Ciayumajakuning

- 22 Mei 2024, 07:30 WIB
Ratusan atlet dan pehobi olahraga balap sepeda gunung downhill dan enduro ikuti 'Teras CAF 1st Series'.
Ratusan atlet dan pehobi olahraga balap sepeda gunung downhill dan enduro ikuti 'Teras CAF 1st Series'. /ZonaPriangan.com/Yurri Erfansyah/

IDEJABAR –  Cycling de Jabar Tahun 2024 adalah kerjasama dengan sebuah harian nasional dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat yang pada 25 Mei ini, bakal mendorong kunjungan wisatawan ke kawasan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan).  

Rute tahun ini dibuat sedikit berbeda dengan  Cycling de Jabar 2022 dan 2023. Sebelumnya, titik start dari Pantai Palangpang Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi dan finish di Alun-Alun Paamprokan Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.  

Baca Juga: HUT Kodam Siliwangi ke-78: Militan dalam Pertempuran, Terdepan dalam Pembangunan

Sedangkan rute Cycling de Jabar 2024 tahun ini diperluas yang akan melintasi kawasan utara dan timur Jabar dengan total trek sepanjang 213 kilometer.  

Menghidupkan Jalur Wisata Ciayumajakuning

Lomba balap sepeda ini dipastikan  diikuti total 174 peserta dengan beberapa kategori dengan titik start dari Balai Kota Cirebon.  

Dari Cirebon, peserta akan melintasi Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, kemudian lanjut menuju kawasan Jabar Selatan dengan melewati Kota Banjar, Kabupaten Ciamis dan finish di Grand Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.  

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Benny Bachtiar menjelaskan, sebelumnya ajang ini hanya mempromosikan destinasi wisata di kawasan selatan. Setelah dua tahun, lanjut Benny, promosi ditambah ke utara dan timur Jabar, khususnya kawasan Ciayumajakuning.   

Baca Juga: Pj Wali Kota: Bandung Harus Naik Kelas Lewat Industri Pariwisata

“Kawasan Ciayumajakuning memiliki potensi pariwisata yang lengkap mulai dari wisata alam, sejarah, religi, budaya, dan kuliner,” tutur Benny di Bandung, Senin kemarin.  

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Humas Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah