Pj Wali Kota Paparkan, RDTR Kota Bandung 2024-2044 ke Pemerintah Pusat

- 18 Mei 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi tol dalam Kota Bandung.
Ilustrasi tol dalam Kota Bandung. /SkyScraper City/

IDEJABAR - Untuk mewujudkan ruang wilayah aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan serta meningkatkan investasi di wilayah Kota Bandung, Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono memaparkan Rancangan Peraturan Kepala Daerah tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Bandung.  

Hal ini disampaikannya langsung dihadapan Plt. Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Gabriel Triwibawa pada Rapat Koordinasi Lintas Sektor RDTR - Pembahasan Rancangan Peraturan Kepala Daerah tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Bandung di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta Selatan, Selasa lalu.  

Baca Juga: Kadisdik Jabar Mendadak Dicopot Saat PPDB Jawa Barat Baru Dimulai, Ini Kata Pj Gubernur Jabar

Rakor yang digelar ini menindaklanjuti surat Pj Wali Kota Bandung, perihal permohonan persetujuan substansi rancangan peraturan kepala daerah tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Bandung 2024-2044.  

Delapan Wilayah Perencanaan Pengembangan Kota Bandung  

Dalam paparannya, Bambang mengatakan rencana tata ruang Kota Bandung cukup strategis. Di sana ada Rencana Tata Ruang Kawasan Cekungan Bandung. Hal ini merupakan amanat yang harus diterjemahkan dalam rancangan RDTR.  

"Kota Bandung berada di kawasan Cekungan Bandung dan merupakan Kota Inti dari Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung dengan berbatasan dengan Kota Cimahi, KBB, Kab Bandung. Menurut kami tentunya harus kita siapkan dengan baik dan telisik," kata Bambang.  

Baca Juga: Bantu Urai Kemacetan, Jalan Simpang Gedebage Selatan Menuju Masjid Raya Al-Jabbar Resmi Difungsikan

Bambang menyebut, dalam rancangan RDTR, wilayah Kota Bandung dibagi menjadi 8 Sub Wilayah Kota (SWK). Masing-masing SWK dibagi lagi ke dalam Wilayah Perencanaan (WP) dalam RDTR. Setiap WP terdiri atas beberapa blok perencanaan.  

Kedelapan wilayah tersebut terdiri dari WP Bojonagara, Cibeunying, Tegalega, Karees, Arcamanik, Ujungberung, Kordon dan Gedebage. Secara rinci kedelapan wilayah itu sbb :  

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Humas Kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah