BMKG: Gempa Terkini Terasa di Tasikmalaya Hari Ini, Pusat Gempa di Pangandaran

- 13 Desember 2023, 18:10 WIB
BMKG, Gempa terkini hari ini terasa hingga Tasikmalaya
BMKG, Gempa terkini hari ini terasa hingga Tasikmalaya /BMKG

IDEJABAR - BMKG menyebutkan gempa terkini hari ini Rabu 13 Desember 2023 terasa hingga di Tasikmalaya, meski pusat gempa berada di Pangandaran. Gempa  ini berkekuatan sekitar 4,3 magnitudo dan jenis tektonil. Demikian disampaikan Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Hartanto melalui rilis resmi.Baca Juga: ARTIS Kena Narkoba Kembali Polisi, Ini Dia Sosoknya

 

Berikut penjelasan BMKG mengenai Gempa terkini hari ini yang terasa hingga Tasikmalaya


Kejadian dan Parameter Gempabumi:


Hari Rabu, 13 Desember 2023 pukul 17:35:55 WIB, wilayah KAB-PANGANDARAN-JABAR dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,3. Episenter terletak pada koordinat 8.12 LS dan 107.93 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km BaratDaya KAB-PANGANDARAN-JABAR pada kedalaman 29 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:


Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo Australia yang menunjam dibawah lempeng Eurasia .

Dampak Gempabumi:


Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Tasikmalaya, Cipatujah, Cikajang, Ciamis, Pangandaran, Cijulang dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Gempabumi Susulan:


Hingga pukul 17:50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Baca Juga: Gunung Salak Ditutup Mulai 15 Desember 2023 untuk Pemulihan Ekosistem dan Keselamatan

Halaman:

Editor: Adin Supriadi

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah