Awas Truk dan Bus Dilarang Lewat. Jembatan Cikunir Dalam Perbaikan, Akibat Gorong-gorong Amblas

- 10 Desember 2023, 17:54 WIB
Suasana Perbaikan di Jembatan Cikunir, Minggu, 10 desember 2024
Suasana Perbaikan di Jembatan Cikunir, Minggu, 10 desember 2024 /Foto : Ateng Jaelani/IdeJabar/

IDEJABAR. Jalur utama Tasikmalaya-Singaparna, hari ini, Minggu, 10 Desember 2023, mengalami kemacetan. Hal itu disebabkan oleh amblasnya gorong-gorong Jembatan Cikunir. Akibatnya, arus kendaraan yang dari Tasikmalaya menuju Singaparna atau sebaliknya mengantri hingga mencapai 2 kilometer.

Untuk mengantisipasi kemacetan yang lebih parah lagi, pihak Polres Tasikmalaya telah memasang dan mensosialisasikan tentang adanya Perbaikan Jembatan Cikunir agar pemakai jalan bisa mengalihkan perjalanannya ke jalur yang lain. Perbaikan Jembatan itu, diperkirakan akan memakan waktu 10 hari.

Truk dan Bus Untuk Sementara Dilaihkan ke Jalur Lain.

Suasana arus lalu lintas di Jembatan Cikunir
Suasana arus lalu lintas di Jembatan Cikunir

Berdasarkan pantauan IDEJABAR di lapangan, arus lalu lintas saat ini telah ditangani oleh Polres Tasikmalaya dan Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya. Untuk sementara waktu, truk dan bus tidak bisa melewatinya. Karena arus lalu lintas dibuat satu jalur dan kondisinya menyempit. Amblasnya gorong itu dengan ketingggian 6 meter, panjang sekitar 3 meter dan lebar 3 meter.

Kepala Satuan Pelayanan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (KSPPJJ) Wawan Hermawan kepada wartawan mengatakan, pihaknya saat ini tengah memperbaiki gorong-gorong yang berada pas dibawah Jembatan Cikunir. Selain kondisinya sudah lama tidak dibenahi, kata dia, juga karena terkena kikisan aliran air. Dan perbaikan itu dilakukan, karena ditakutkan oprit jembatan akan menyebabkan longsor.

“Bagian samping kanan, jika dari arah Garut atau Singaparna, sudah terlihat ada longsoran. Takutnya menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), tiba-tiba jalan ambrol. Makanya kami perbaiki sekarang,” tutur Wawan kepada wartawan di lokasi.

Peringatan dan Himbauan dari Polres Tasikmalaya untuk pengguna jalan
Peringatan dan Himbauan dari Polres Tasikmalaya untuk pengguna jalan

Secara faktual, urai Wawan, kondisi Jembatan Cikunir masih dalam keadaan baik. Tapi, bagian oprit jembatan sudah ada yang mengalami longsor. “Kita berusaha akan membereskan secepatnya. Namun paling tidak kami butuh waktu sekitar 10 hari,” kata Wawan

Sementara itu, pihak KSPPJJ sudah melakukan koordinasi dengan Dishub dan Polres Tasikmalaya. Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, pihak Polres Tasikmalaya telah mengeluarkan himbauan kepada pengguna jalan agar bersedia mengalihkan jalurnya ke jalur yang lain.***

Halaman:

Editor: Edi Purnawadi

Sumber: Wawancara Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah